Langsung ke konten utama

Contoh RPP Qurdis MTs kelas VIII



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        : MTs DARUL ULUM SEMARANG
Mata Pelajaran             : Al-Qur’an Hadis
Kelas/Semester            : VIII/1
Materi Pokok               : Kugapai Rezeki-Mu dengan Ikhtiarku
Alokasi Waktu              : 2 Pertemuan (4x40 Menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1          : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2          :Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,   gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3          :Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4          :Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1.









2.





3.2









4.2





Pertemuan Pertama
Memahami isi kandungan QS. Quraisy [106] dan QS. Al-Insyirah [94] tentang ketentuan rezeki Allah






Mensimulasikan isi kandungan QS. Al-Quraisy dan QS. Al-Insyirah [94] tentang ketentuan rezeki dari Allah

Pertemuan kedua

3.2.1 Menjelaskan pengertian rezeki
3.2.3  Menjelaskan isi kandungan QS. Al-Quraisy dan QS. Al-Insyirah [94] tentang ketentuan rezeki dari Allah
3.2.4 Mengidentifikasi isi kandungan QS. Al-Quraisy dan QS. Al-Insyirah [94] tentang ketentuan rezeki dari Allah
3.2.5 Menyimpulkan isi kandungan QS. Al-Quraisy dan QS. Al-Insyirah [94] tentang ketentuan rezeki dari Allah
4.2.1 Mempresentasikan contoh-contoh sikap orang yang mencerminkan isi kandungan QS. Al-Quraisy dan QS. Insyirah tentang ketentuan rezeki dari Allah
3.2.2 Menerjemahkan QS. Al-Quraisy dan QS. Al-Insyirah [94] tentang ketentuan rezeki dari Allah
3.2.3 Menghafalkan QS. Al-Quraisy dan QS. Al-Insyirah [94] tentang ketentuan rezeki dari Allah berserta terjemahannya






C.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Rezeki Allah sangat luas
a.       Pengertian Rezeki
Rezeki berarti segala sesuatu yang bermanfaat, berdaya guna bagi makhluk, serta dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber penghidupan. Rezeki juga berarti anugerah, karunia, atau pemberian dari sisi Allah SWT kepada makhluk-Nya. Rezeki Allah sangat luas, rezeki tidak hanya berupa materi tapi bahkan udara yang kita hirup setiap hari adalah rezeki, kesehatan dan kebugaran tubuh kita juga termasuk bagian dari rezeki, kemampuan untuk melangkah, berjalan, dan beraktivitas adalah rezeki. Bahkan akal pikiran dan perasaan yang dapat mengangkat kita menjadi manusia bermartabat dibandingkan makhluk lain itu juga termasuk rezeki Allah SWT. Rezeki manusia dan seluruh makhluk sudah dijamin oleh Allah SWT, seperti firman Allah dalam surat Ar-Rum [30]: 40:
ٱللَّهُ ٱلَّذِي خَلَقَكُمۡ ثُمَّ رَزَقَكُمۡ ثُمَّ يُمِيتُكُمۡ ثُمَّ يُحۡيِيكُمۡۖ هَلۡ مِن شُرَكَآئِكُم مَّن يَفۡعَلُ مِن ذَٰلِكُم مِّن شَيۡءٖۚ سُبۡحَٰنَهُۥ وَتَعَٰلَىٰ عَمَّا يُشۡرِكُونَ ٤٠
“Allah-lah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezeki, kemudian mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah di antara yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu dari yang demikian itu? Maha Sucilah Dia dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan”



b.      Spirit Al-Qur’an dalam mencari Rezeki
Islam tidak menganjurkan pemeluknya menjadi pengangguran, meski dengan alasan untuk berkonsentrasi dalam beribadah kepada Allah SWT atau menggantungkan belas kasih orang lain dengan cara meminta-minta. Jadi, usaha mencari rezeki adalah suatu keharusan. Seseorang yang bekerja dengan cara yang baik, halal, dan tujuannya benar, ia akan mendapatkan rezeki dalam bentuk materi, sekaligus memperoleh pahala. Karena apa yang diusahakannya termasuk perbuatan ibadah. Seperti firman Allah dalam surat Al-Jumu’ah ayat 10 :
فَإِذَا قُضِيَتِ ٱلصَّلَوٰةُ فَٱنتَشِرُواْ فِي ٱلۡأَرۡضِ وَٱبۡتَغُواْ مِن فَضۡلِ ٱللَّهِ وَٱذۡكُرُواْ ٱللَّهَ كَثِيرٗا لَّعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ ١٠
“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung”
Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan untuk menyelesaikan tugas-tugas hidup setelah selesai shalat jum’at serta larangan untuk duduk-duduk yang tidak bermanfaat dan tidur di dalam masjid sesuai shalat jum’at. Dengan kata lain, Allah memantik inspirasi bagi kita untuk senantiasa produktif, energik, dan efisien dalam menggunakan waktu sekaligus larangan untuk bermalas-malasan.
c.       Rezeki yang Halal dan Berkah
Al-Qur’an dan Hadis mendorong manusia untuk mencari rezeki yang halal dan thayyib. Rasulullah SAW mengingatkan manusia agar berhati-hati dalam mencari harta dan menganjurkan mereka untuk selektif dalam memperolehnya sehingga harta yang menjadi hak miliknya benar-benar halal.
“Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda : “pasti akan datang pada manusia suatu zaman di mana seseorang tidak peduli lagi dari mana hartanya ia dapatkan, apakah dari yang halal ataukah dari yang haram. (HR. Bukhari dan Abu Ya’la).
2.      QS. Quraisy [106] dan QS. Al-Insyirah [94]
لِإِيلَٰفِ قُرَيۡشٍ ١  إِۦلَٰفِهِمۡ رِحۡلَةَ ٱلشِّتَآءِ وَٱلصَّيۡفِ ٢  فَلۡيَعۡبُدُواْ رَبَّ هَٰذَا ٱلۡبَيۡتِ ٣ ٱلَّذِيٓ أَطۡعَمَهُم مِّن جُوعٖ وَءَامَنَهُم مِّنۡ خَوۡفِۢ ٤
1. Karena kebiasaan orang-orang Quraisy
2. (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas
3. Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka´bah)
4. Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan

أَلَمۡ نَشۡرَحۡ لَكَ صَدۡرَكَ ١  وَوَضَعۡنَا عَنكَ وِزۡرَكَ ٢ ٱلَّذِيٓ أَنقَضَ ظَهۡرَكَ ٣  وَرَفَعۡنَا لَكَ ذِكۡرَكَ ٤  فَإِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرًا ٥ إِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرٗا ٦  فَإِذَا فَرَغۡتَ فَٱنصَبۡ ٧  وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَٱرۡغَب ٨
1. Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?
2. dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu
3. yang memberatkan punggungmu
4. Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu
5. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan
6. sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan
7. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain
8. dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap

a.       Kandungan QS. Quraisy [106]
Surat ini terdiri dari 4 ayat dan termasuk surah Makkiyah. Nama Quraisy diambil dari kata قُرَيۡشٍ yang berarti  suku Quraisy.
Ayat 1 : menjelaskan kebiasaan suku Quraisy yang mempunyai mata pencaharian pokok berdagang.
Ayat 2 : menceritakan tentang perjalanan dagang suku Quraisy pada musim dingin ke Yaman, dan pada musim panas ke Syam dalam setiap tahunnya. Sedangkan keuntungannya digunakan untuk keperluan hidup dan berkhidmat kepada Baitullah yang menjadi kebanggaan mereka.
Ayat 3 : Allah mengingatkan suku Quraisy khususnya, dan umat Islam pada umumnya agar senantiasa bersyukur atas rezeki yang diberikan Allah sekaligus memanfaatkannya sesuai perintah-Nya. Dalam hal ini, mereka diperintahkan untuk beribadah kepada Tuhan, Sang Pemilik Ka’bah.
Ayat 4 : Allah SWT menunjukkan kenikmatan yang telah diberikan kepada mereka berupa makanan dan rasa aman. Maka dari itu selayaknya mereka mengesakan Allah SWT dalam beribadah, tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun dan tidak menyembah selain Allah.
b.      Kandungan QS. Al-Insyirah [94]
Surat al-Insyirah terdiri dari 8 ayat, dan termasuk surah Makkiyah. Surah ini diturunkan sebagai pelipurlara bagi Rasulullah SAW ketika menghadapi ujian-ujian dalam berdakwah.
Ayat 1 : Allah menyatakan kepada Nabi Muhammad SAW sesungguhnya kami telah melapangkan dadamu dan kami memberikan cahaya, hingga dadamu menjadi lapang dan luas.
Ayat 2-3 : Allah mengabarkan tentang kemudahan yang akan diperoleh Nabi Muhammad SAW sekaligus menanggalkan beban yang selama ini dipikulnya dan begitu memberatkannya.
Ayat 4 : Allah memberikan penghargaan kepada Nabi Muhammad SAW yakni meninggikan sebutan untuk Nabi. Hal ini terbukti dengan ditetapkannya nama Muhammad yang selalu bersanding dengan nama Allah dalam konteks pengakuan keesaan-Nya, misalnya dalam dua kalimat syahadat serta adzan dan iqamat.
Ayat 5-6 : Allah menyatakan setelah kesulitan akan datang kemudahan. Dia menyampaikan hal tersebut untuk memotivasi Nabi dan umatnya bahwa tidak ada kesulitan yang tidak teratasi selama manusia memiliki semangat untuk keluar dari kesulitan tersebut dan selalu bertawakal kepada Allah.
Ayat 7 : Allah mengingatkan kepada Nabi Muhammad dan umatnya agar tidak cepat puas dengan hasil usahanya. Juga mengingatkan jika telah menyelesaikan suatu urusan maka bergegaslah menyelesaikan urusan lainnya.
Ayat 8 : Allah mengingatkan kepada Nabi Muhammad SAW dan umatnya agar senantiasa bersandar dan mohon pertolongan hanya kepada Allah SWT.

D.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan
a.       Membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa sebelum belajar
  1. Mengecek kehadiran, kerapian berpakaian dan kesiapan Peserta didik serta memposisikan tempat duduk sesuai dengan kegiatan pembelajaran
  2. Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu
  3. Guru memberi penjelasan dan pengantar tentang cakupan materi yang akan dipelajari
5 Menit
2
Kegiatan Inti
a.       Mengamati
Peserta didik mencermati gambar dan dua surat tersebut yaitu QS. Al-Quraisy dan QS. Al-Insyirah [94] tentang ketentuan rezeki dari Allah
b.      Menanya
Melalui motivasi dari guru, Peserta didik secara bergantian mengajukan tanggapan dan pertanyaan tentang apa yang dilihat dan diamati dalam kasus  kepada teman maupun guru
c.       Eksperimen/ Explore
1)      Peserta didik secara berkelompok mencari informasi dan jawaban di Bukalah wawasanmu dalam LKS/ buku pegangan  maupun referensi lain
2)      Peserta didik mendiskusikan masalah tentang ketentuan rezeki dari Allah
d.      Asosiasi
1)      Peserta didik secara kelompok menuliskan contoh rezeki dalam kehidupan sehari-hari
2)      Peserta didik secara kelompok merumuskan hasil diskusinya
e.        Komunikasi
1)      Peserta didik mewakili kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian kemudian peserta didik yang lain memberikan tanggapan
2)      Perwakilan peserta didik menyimpulkan tentang isi kandungan QS. Al-Quraisy dan QS. Al-Insyirah [94] tentang ketentuan rezeki dari Allah
50 Menit
3
Penutup
  1. Guru membagikan kartu yang berisi potongan-potongan materi kepada masing-masing peserta didik dalam setiap kelompok untuk memastikan peserta didik memahami materi
  2. Secara bergantian peserta didik maju untuk melengkapi puzzle dengan menempelkan kartu sesuai tempatnya
  3. Peserta didik merefleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk memperbaiki pembelajaran selanjutnya
  4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas individu bagi peserta didik
  5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
  6. Mengakhiri pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan mengingatkan untuk selalu rajin belajar agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat
25 Menit


E.     PENILAIAN PEMBELAJARAN, REMIDIAL DAN PENGAYAAN
1.      Penilaian Individu
Pengamatan Sikap
a.      Teknik Penilaian               : Penilaian individu
b.      Bentuk Instrumen : Lembar penilaian individu
c.       Format Penilaian individu
No
Nama Peserta didik
Aktifitas
Skor
Kerjasama
Keaktifan
Kepedulian & Kesantunan
Inisiatif
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1


















2


















3



















d.      Rubrik Penilaian   :
No
Indikator Penilaian
Skor
1.
Kerjasama
Belum memperlihatkan kerjasama dengan teman satu kelompok
1
Mulai memperliatkan kerjasama dengan teman satu kelompok
2
Mulai berkembang kerjasama dengan teman satu kelompok
3
Mulai membudayakan kerjasama dengan teman satu kelompok
4
2.
Keaktifan
Belum memperlihatkan keaktifannya dalam berdiskusi dan selama proses melaksanakan tugas
1
Mulai memperlihatkan keaktifannya dalam berdiskusi dan selama proses melaksanakan tugas
2
Mulai berkembang keaktifannya dalam berdiskusi dan selama proses melaksanakan tugas
3
Mulai membudayakan keaktifannya dalam berdiskusi dan selama proses melaksanakan tugas
4
3.
Kepedulian dan kesantunan
Tidak mau menghargai pendapat orang lain dan menyampaikan pendapatnya dengan bahasa yang kurang santun
1
Kurang dapat menghargai pendapat orang lain dan kurang santun
2
Menghargai orang lain namun kurang santun dalam menanggapi pendapat
3
Menghargai orang lain dan menanggapi pendapat dengan santun
4
4.
Inisiatif
Belum memperlihatkan Inisiatifnya
1
Mulai memperlihatkan Inisiatifnya
2
Mulai berkembang Inisiatifnya
3
Mulai membudayakan Inisiatifnya
4
Total
16

e.       Pedoman penskoran
Nilai = Jumlah Nilai Skor yang diperoleh    x  100
                Jumlah Skor Maksimal(16)

2.      Penilaian kelompok
a.      Format Penilaian
No.
Nama peserta didik
Aspek yang dinilai
Skor
Maks.
Nilai
Ketuntasan
Tindak
Lanjut
1
2
3
T
TT
R
P
1










2










3










4










5










6










7










b.      Aspek dan rubrik  penilaian kelompok:

No
Indikator Penilaian
Skor

1
Kejelasan dan kedalaman informasi.
Memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna
30
Memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan  kurang sempurna
20
Memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap

10
2
Keaktifan dalam diskusi
berperan sangat aktif dalam diskusi
30
berperan aktif dalam diskusi
20
kurang aktif dalam diskusi
10

3
Kejelasan dan kerapian presentasi.
mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi
30
mempresentasikan dengan jelas dan rapi,
20
mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi
10
Jumlah skor maksimal
180

c.       Pedoman Pen-Skoran

Nilai
=
Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh
x
100
Jumlah Skor maksimal


a.       Pengetahuan
a.      Teknik Penilaian               : Tes Tertulis
b.      Bentuk Instrumen : Pilihan ganda dan Uraian
c.       Kisi-kisi   :
Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi  tanda silang (x)

1. Suku yang mendapatkan kehormatan untuk memelihara Kakbah adalah....
a.    Quraisy
b.    Badui
c.    khorroz
d.    Nadzir
2.    Lafal “  ä!$tGÏe±9$# “ pada Q.S. Quraisy berarti….
a.    musim panas
b.    musim dingin
c.    musim semi
d.    musim kemarau
3.    Tradisi  orang-orang Quraisy  pada musim panas mereka mengadakan perjalanan  perdagangan  ke negeri ...
a.    Yaman
b.    Kuffah
c.    Basroh
d.    Syam (Suriah)
4.     Lafadz  x8uøÍr    yag terdapat pada Q.S. al- Insyirah (94)  berarti ....
a.    bebanmu
b.    Dadamu
c.    Punggungmu
d.    Tanganmu
5.      Pernyataan berikut ini yang merupakan contoh perilaku yang mencerminkan  pernerapan isi kandungan  QS. al-Insyirah dalam kehidupan sehari-hari adalah ... .
a.       menghindari kesulitan yang dihadapinya
b.      berusaha lari dari kesulitan yang dihadapinya
c.       berdo’a kepada Allah ketika menghadapi kesulitan
d.      selalu gigih dalam menghadapi kesulitan yang ada

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.         Sebutkan jalur perdagangan  yang dilakukan oleh suku Quraisy pada musim panas dan musim dingin !
2.    Sebutkan  pokok kandungan surah Quraisy ayat ke empat!
3.       3.
فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ (٣)
(Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah).
 Jelaskan maksud yang terkandung pada ayat tersebut !
4.       3.
وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ (٢)
(dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu)
 Jelaskan yang maksud dengan beban pada ayat tersebut !
5.       3.
وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ (٤)
(dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu)
Jelaskan maksud yang terkandung pada ayat tersebut !
KUNCI  JAWABAN
Pilihan ganda:
NO
JAWABAN
1
A
2
B
3
A
4
A
5
C

Soal Uraian:
NO
JAWABAN
SKOR
1
Jalur perdagangan pada musim panas : Mekah-Madinah-Damaskus-; Mekah-Hunain-Badar-Ma’an (Syirqil Urdun)
3
Jalur perdagangan pada musim dingin: Mekah-Taif- ’Asir- San’a (Yaman)
3
2
Pokok kandungan : Allah menjelaskan wujud kasih sayangNya  kepada para hambaNya. Manusia diperintah taat kepada Allah dengan dua alasan. Pertama, karena Allah telah memberi makan kepada orang-orang Quraisy khususnya dan umumnya kepada semua manusia. Allah telah menjadikan ka’bah sebagai kiblat peribadatan umat Islam dan setiap tahun selalu dikunjungi orang yang beribadah haji. Hal ini akan membawa rezeki tersendiri bagi mereka. Kedua, Allah telah memberikan rasa aman kepada suku Quraisy. Allah berjanji bahwa kota Makah akan dijaga keamanannya dari gangguan.
5
3
Maksudnya : Allah mengingatkan kepada suku Quraisy khususnya dan umat Islam pada umumnya agar selalu bersyukur atas rezeki yang telah diberikan kepadaNya, mereka diperintahkan untuk beribadah kepada Tuhannya.
5
4
Yang dimaksud dengan beban  ialah kesusahan-kesusahan yang diderita Nabi Muhammad s.a.w. dalam menyampaikan risalah.
4
5
Meninggikan nama Nabi Muhammad s.a.w  maksudnya ialah meninggikan derajat dan mengikutkan namanya dengan nama Allah dalam kalimat syahadat, Menyertakan keimanan seseorang kepada Allah tdak akan bernilai tanpa disertai keimanan kepada beliau .
5

Skor maksimal
25

Nilai:
a.        Skor = @1 X 5 = 5
b.        Skor maksimal 25
c.        Nilai Akhir = (skor a + skor b ) X 100 = 100
                                                          3


 




  
b.      Keterampilan
a.      Kisi-kisi   : Menghafalkan juz amma



F.      METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan                            : Saintifik
2.   Model Pembelajaran               : model direct instruction (model pengajaran langsung)
3.      Metode Pembelajaran            : Ceramah, Tanya Jawab, Sorogan, Diskusi, card matching

G.    MEDIA / ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media / Alat Pembelajaran
a.       Whiteboard
b.      Board Marker
c.       Gambar
d.      Kartu
2.      Bahan dan Sumber belajar
a.       Al-Qur’an dan terjemahnya.
b.      Buku Guru Al-qur’an Hadis MTS kelas VIII. Penyususn ; Kementerian Agama RI, Jakarta: 2014, Al-qur’an Hadis, kelas VIII Semester I.
c.       Buku Siswa Al-qur’an Hadis MTS kelas VIII. Penyususn ; Kementerian Agama RI, Jakarta: 2014, Al-qur’an Hadis, kelas VIII Semester I.
d.      Website terkait materi tentang Al-qur’an Hadis.
















Mengetahui,                                                              Semarang, 5 Agustus 2016
Guru Pamong                                                            Guru Praktikan


Syamsudin, S.Pd.I                                                     Siti Chaizatul Munasiroh


Kepala
MTs Darul Ulum



Mustofa, S.Pd. I

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian,Objek,Ruang lingkup serta Sejarah dan Pertambahan Ulumul Qur'an

PENGERTIAN, OBJEK, RUANG LINGKUP, SERTA SEJARAH DAN PERTAMBAHAN ULUMUL QUR’AN MAKALAH Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah : Ulumul Qur’an Dosen Pengampu: M ufidah , M.Pd.i DI SUSUN OLEH : 1.     MUSTOFA                              ( 133111043 ) 2.     YUSUF   HAMDANI                ( 133111044 ) 3.     SITI CHAIZATUL   M.            ( 133111045 ) 4.     USWATUN   KHASANAH      ( 133111046 ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN WALISONGO SEMARANG 2013 I.        PENDAHULUAN Al-Quran adalah kitab suci umat Islam. Diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril. Kita...

FILSAFAT SUHRAWARDI

PEMIKIRAN FILSAFAT SUHRAWARDI (1153-1191 M) MAKALAH Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah: Filsafat Islam Dosen Pengampu: Dr. Mahfud Junaedi, M. Ag.   DI SUSUN OLEH : 1.       SITI CHAIZATUL MUNASIROH             ( 133111045) 2.       AGUNG SUPRAYITNO                           (133111051 ) 3.       DEWI HUSNAWATI                                 (133111079 ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN WALISONGO SEMARANG 2014 I.          PENDAHULUAN Ketika filsafat muncul dalam kehid...

Mengatasi kelemahan tes obyektif dan subyektif

UPAYA YANG DAPAT DILAKUKAN UNTUK MENGATASI KELEMAHAN-KELEMAHAN TES OBYEKTIF DAN SUBYEKTIF TUGAS Mata kuliah : EVALUASI PEMBELAJARAN Dosen Pengampu : Drs. H. Karnadi M.Pd. DI SUSUN OLEH : Khairul Anam                               (133111038) Siti Chaizatul Munasiroh             ( 133111045) Laila Romdhoningsih                  (133111073) Faizatul Dina                                (133111135) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG 2015 A.      Kelema...