RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
MTs DARUL ULUM SEMARANG
Mata Pelajaran : Al-Qur’an
Hadis
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok :
Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidupku
Alokasi Waktu : 1 Pertemuan
(2x40 Menit)
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1.
2.
3.
|
1.1
2.1
3.1
|
Meyakini al-Qur’an dan Hadis sebagai
pedoman hidup
Memiliki perilaku mencintai al-Qur’an dan
Hadis dalam kehidupan
Memahami kedudukan al-Qur’an dan Hadis
sebagai pedoman hidup umat manusia
|
3.1.1 Peserta didik diharapkan mampu
menjelaskan pengertian dan fungsi al-Qur’an
3.1.2 Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan
pengertian dan fungsi Hadis
3.1.3 Peserta didik diharapkan mampu membedakan
fungsi al-Qur’an dan Hadis
3.1.4 Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan
cara memfungsikan al-Qur’an dan Hadis dalam kehidupan
3.1.5 Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan
cara mencintai al-Qur’an dan Hadis
3.1.6 Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan
perilaku orang yang mencintai al-Qur’an dan Hadis
|
C.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Pengertian
dan fungsi al-Qur’an dan Hadis
Al-Qur’an menurut bahasa berasal dari kata “qara’a” yang
berarti membaca bacaan. Al-Qur’an berarti bacaan yang sempurna. Sedangkan
al-Qur’an menurut istilah adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi
Muhammad SAW secara berangsur-angsur melalui malaikat Jibril dan membacanya
adalah ibadah. Adapun fungsinya antara lain adalah sebagai hujjah atau bukti
yang kuat atas kerasulan Muahmmad SAW
keberadaannya hingga kini masih tetap terpelihara dengan baik dan
pemasyaraktannya dilakukan secara berantai dari satu generasi ke generasi lain
dengan tulisan maupun lisan.
Selain al-Qur’an Hadis atau sunnah juga merupakan pedoman utama
bagi umat Islam. Hadis berasal dari kata “Hadatsa” yang berarti baru, peristiwa,
muda,perkataan, cerita. Adapun menurut istilah Hadis adalah segala sikap,
perkataan, perbuatan dan penetapan / persetujuan Rasulullah SAW. Mengikuti
sunnah Nabi merupakan bukti kecintaan kepada Allah sebagaimana firman Allah
dalam QS. Ali Imran: 31
قُلۡ إِن كُنتُمۡ
تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِي يُحۡبِبۡكُمُ ٱللَّهُ وَيَغۡفِرۡ لَكُمۡ
ذُنُوبَكُمۡۚ وَٱللَّهُ غَفُورٞ رَّحِيمٞ ٣١
Artinya: Katakanlah: "Jika kamu
(benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan
mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. Ali
Imran: 31)
Adapun fungsi
al-Qur’an secara garis besar adalah :
a.
Sebagai sumber ajaran/hukum Islam yang utama
b.
Sebagai konfirmasi dan informasi terhadap hal-hal yang tidak dapat
diketahui oleh akal
c.
Petunjuk hidup manusia ke jalan yang lurus tentang berbagai hal
walupun petunjuk tersebut terkadang bersifat umum yang menghendaki penjabaran
dan perincian.
d.
Sebagai pengontrol dan pengoreksi terhadap ajaran-ajaran masa lalu, yaitu injil, zabur dan taurat.
Sedang fungsi hadis terhadap al-Qur’an adalah :
a.
Mengukuhkan hukum yang sudah ada dalam al-Qur’an
b.
Memerinci ayat al-Qur’an yang global
c.
Menetapkan hukum yang belum terdapat dalam al-Qur’an
d.
Membatasi keumuman ayat al-Qur’an
2.
Cara
mencitai al-Qur’an dan Hadis
3.
Ciri-ciri
perilaku orang yang mencintai al-Qur’an dan Hadis
a.
Membaca
al-Qur’an setiap hari
b.
Mendengarkan
murottal al-Qur’an
c.
Menghafalkan
al-Qur’an
d.
Mengamalkan
al-Qur’an
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
a.
Membuka
pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa sebelum belajar
|
5 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
Peserta didik mencermati dua
kasus di dua keluarga
b.
Menanya
Melalui motivasi dari guru, Peserta
didik secara bergantian mengajukan tanggapan dan pertanyaan tentang apa yang
dilihat dan diamati dalam kasus kepada
teman maupun guru
c.
Eksperimen/ Explore
1) Peserta didik mencari informasi
dan jawaban di Bukalah wawasanmu dalam LKS/ buku pegangan maupun referensi lain.
2)
Peserta
didik mendiskusikan beberapa masalah mengenai “Al-Qur’an
dan Hadis sebagai pedoman hidupku” beserta
contoh dengan melihat kasus yang telah disediakan dalam suatu kelompok yang
terdiri dari 4 – 5 orang
d.
Asosiasi
1) Peserta didik secara kelompok
merumuskan hasil diskusinya tentang “Al-Qur’an
dan Hadis sebagai pedoman hidupku” sesuai dengan kasus yang telah disediakan
2)
Peserta
didik secara individu menuliskan contoh pentingnya al-Qur’an dan Hadis dalam
kehidupan sehari-hari
3)
Peserta
didik merefleksikan hasil diskusi pada peta konsep terkait materi “Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidupku”
e.
Komunikasi
1) Peserta didik mewakili kelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian dengan game
(yang kalah presentasi dulu), kemudian peserta didik yang lain memberikan
tanggapan
2) Perwakilan peserta didik
menyimpulkan tentang “Al-Qur’an dan
Hadis sebagai pedoman hidupku”
|
60
Menit
|
3
|
Penutup
|
15
Menit
|
E.
PENILAIAN PEMBELAJARAN, REMIDIAL DAN PENGAYAAN
1.
Pengamatan Sikap
a.
Teknik
Penilaian : Penilaian
individu
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian individu
c.
Format
Penilaian individu
No
|
Nama
Peserta didik
|
Aktifitas
|
Skor
|
|||||||||||||||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Kepedulian
& Kesantunan
|
Inisiatif
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Rubrik Penilaian :
No
|
Indikator
Penilaian
|
Skor
|
|
1.
|
Kerjasama
|
Belum
memperlihatkan kerjasama dengan teman satu kelompok
|
1
|
Mulai
memperliatkan kerjasama dengan teman satu kelompok
|
2
|
||
Mulai
berkembang kerjasama dengan teman satu kelompok
|
3
|
||
Mulai
membudayakan kerjasama dengan teman satu kelompok
|
4
|
||
2.
|
Keaktifan
|
Belum
memperlihatkan keaktifannya dalam berdiskusi dan selama proses melaksanakan
tugas
|
1
|
Mulai
memperlihatkan keaktifannya dalam berdiskusi dan selama proses melaksanakan
tugas
|
2
|
||
Mulai
berkembang keaktifannya dalam berdiskusi dan selama proses melaksanakan tugas
|
3
|
||
Mulai
membudayakan keaktifannya dalam berdiskusi dan selama proses melaksanakan
tugas
|
4
|
||
3.
|
Kepedulian
dan kesantunan
|
Tidak
mau menghargai pendapat orang lain dan menyampaikan pendapatnya dengan bahasa
yang kurang santun
|
1
|
Kurang
dapat menghargai pendapat orang lain dan kurang santun
|
2
|
||
Menghargai
orang lain namun kurang santun dalam menanggapi pendapat
|
3
|
||
Menghargai
orang lain dan menanggapi pendapat dengan santun
|
4
|
||
4.
|
Inisiatif
|
Belum
memperlihatkan Inisiatifnya
|
1
|
Mulai
memperlihatkan Inisiatifnya
|
2
|
||
Mulai
berkembang Inisiatifnya
|
3
|
||
Mulai
membudayakan Inisiatifnya
|
4
|
||
Total
|
16
|
e. Pedoman
penskoran
Nilai = Jumlah Nilai Skor yang
diperoleh x 100
Jumlah
Skor Maksimal(16)
2. Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Melengkapi Peta konsep, Pertanyaan Pilihan
ganda dan uraian
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Peserta
didik diharapkan mampu menjelaskan pengertian al-Qur’an
|
Apa
pengertian al-Qur’an menurut istilah?
|
2
|
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan pengertian
Hadis
|
Hadis
menurut bahasa adalah..
|
3
|
Peserta
didik dapat menjelaskan fungsi al-Qur’an
|
Fungsi al-Qur’an sebagai adz-Dzikra yaitu..
|
4
|
Peserta didik dapat menjelaskan
macam-macam fungsi al-Qur’an
|
Manakah
yang termasuk fungsi al-Qur’an?
|
5
|
Peserta
didik dapat menjelaskan fungsi Hadis
|
Hadis
mempunyai fungsi terhadap al-Qur’an sebagai..
|
6
|
Peserta
didik dapat mengaplikasikan fungsi al-Qur’an
|
Pendidikan
moral yang Qur’ani dapat diwujudkan dengan cara..
|
7
|
Peserta
didik dapat memahami hukum keumuman dalam al-Qur’an
|
Manakah
di bawah ini yang termasuk contoh hukum yang bersifat global dalam al-Qur’an?
|
8
|
Peserta
didik dapat memahami pentingnya al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan sehari
|
Bagaimana
sikap ibu chintia agar tetap memfungsikan al-Qur’an dan hadis meski ia
seorang wanita karir?
|
9
|
Peserta
didik dapat mengetahui beberapa pengamalan al-Qur’an dalam kehidupan pribadi
|
Manakah
di bawah ini yang termasuk pengamalan al-Qur’an dalam kehidupan pribadi?
|
10
|
Peserta
didik diharapkan mampu mengetahui perilaku seseorang yang memfungsikan
al-Qur’an dalam kehidupan bermasyarakat
|
Manakah
di bawah ini yang termasuk contoh perilaku seseorang yang memfungsikan
al-Qur’an dalam kehidupan bermasyarakat?
|
Uraian
1. Jelaskan
pengertian al-Qur’an menurut bahasa dan istilah! (skor 4)
2. Jelaskan
pengertian Hadis menurut bahasa dan istilah! (skor 4)
3. Sebutkan
fungsi al-Qur’an bagi kehidupan manusia! (skor 3)
4. Diantara
fungsi keberadaan Hadis bagi al-Qur’an adalah menjelaskan ayat al-Qur’an yang
bersifat mujmal. Jelaskan maksudnya beserta contoh! (skor 5)
5. Sebutkan
tiga perbedaan antara Hadis dan al-Qur’an! (skor 4)
Kunci jawaban
1. Pilihan
ganda
No
|
Jawaban
|
No
|
Jawaban
|
1
|
C
|
6
|
C
|
2
|
B
|
7
|
D
|
3
|
B
|
8
|
C
|
4
|
A
|
9
|
C
|
5
|
B
|
10
|
A
|
2. Uraian
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Pengertian al-Qur’an menurut bahasa adalah bacaan
|
1
|
Menurut istilah firman Allah yang diturunkan
kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat jibril dengan lafal dan
maknanya secara berangsur-angsur sebagai pedoman hidup umat manusia
|
3
|
|
2
|
Pengertian Hadis menurut bahasa adalah cerita,
baru, muda, riwayat, ucapan
|
1
|
Menurut istilah segala sesuatu yang bersumberr
dari Nabi Muhammad SAW baik ucapan, perbuatan, sikap diam dan ketetapan
beliau
|
3
|
|
3
|
Fungsi al-Qur’an bagi kehidupan umat manusia :
a.
Al-Huda artinya petunjuk ke
jalan yang lurus bagi kehidupan manusia
b.
Al-Furqan artinya pembeda
antara yang haq dan yang batil
c.
Al-Syifa artinya penyembuh atau
obat
|
3
|
4
|
Fungsi Hadis terhadap Qur’an yaitu menjelaskan
ayat al-Qur’an yang bersifat mujmal (global) maksudnya ada beberapa ayat
al-Qur’an yang masih perlu penjelasan terperinci dan keberadaan hadis untuk
menjelaskan terperinci. Contoh: perintah sholat dalam al-Qur’an belum
dijelaskan tata caranya dan hadis menjelaskannya secara terperinci.
|
5
|
5
|
Perbedaan al-Qur’an dan Hadis adalah :
a.
Al-Qur’an kebenarannya mutlak,
sedangkan hadis ada beberapa yang kuat statusnya dan ada yang lemah sehingga
tidak dapat digunakan untuk berhukum.
b.
Al-Qur’an otentik lafalnya
sehingga tidak ada perbedaan lafal sedikitpun. Adapun hadis tidak, sehingga
ada perbedaan matan.
c.
Seluruh isi al-Qur’an dapat
kita jadiakan pedoman hidup, adapun hadis tidak karena tidak semua hadis
shahih, adapula yang dho’if sehingga kebenarannya diragukan.
|
4
|
d.
Pedoman Pen-skoran
Nilai = Jumlah
Nilai Skor Yang diperoleh X 100
Jumlah Skor Maksimal(40)
3. Keterampilan
a.
Kisi-kisi : Menghafalkan juz amma
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model Pembelajaran : Small group
discussion dan Information Search
3.
Metode
Pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab,
Diskusi.
G.
MEDIA / ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media
/ Alat Pembelajaran
a.
Whiteboard
b.
Board
Marker
c.
Kartu/
Kertas
d.
Lem
2.
Bahan
dan Sumber belajar
a.
Al-Qur’an
dan terjemahnya.
b.
Buku
teks Al-qur’an Hadis MTS kelas VII. Penyususn ; Kementerian Agama RI, Jakarta: 2014, Al-qur’an Hadis, kelas VII Semester I.
c.
Buku
Pengantar Studi Islam. Karangan: Prof.Dr. H. Khoiruddin Nasution, Yogyakarta :
Accademia + Tafazza , 2009.
d.
Buku
Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits. Karangan: Prof.Dr.Teungku Muhammad Hasbi
ash-shiddieqy , Semarang: Pustaka Rizki Putra ,2009.
e.
Website
terkait materi tentang Al-qur’an Hadis.
Mengetahui, Semarang,
3 Agustus 2016
Guru Pamong Guru Praktikan
Syamsudin AH, S.Pd.I Siti
Chaizatul Munasiroh
Kepala
MTs
Darul Ulum
Mustofa,
S.Pd. I
Komentar