Langsung ke konten utama

Contoh RPP Qurdis MTs kelas VII Kurtilas



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        : MTs DARUL ULUM SEMARANG
Mata Pelajaran             : Al-Qur’an Hadis
Kelas/Semester            : VII/1
Materi Pokok               : Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidupku
Alokasi Waktu              : 1 Pertemuan (2x40 Menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1          : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2          :Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,   gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3          :Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4          :Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.

2.


3.
1.1

2.1


3.1

Meyakini al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup
Memiliki perilaku mencintai al-Qur’an dan Hadis dalam kehidupan
Memahami kedudukan al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat manusia

 3.1.1 Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan pengertian dan fungsi al-Qur’an
3.1.2 Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan pengertian dan fungsi Hadis
3.1.3 Peserta didik diharapkan mampu membedakan fungsi al-Qur’an dan Hadis
3.1.4 Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan cara memfungsikan al-Qur’an dan Hadis dalam kehidupan
3.1.5 Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan cara mencintai al-Qur’an dan Hadis
3.1.6 Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan perilaku orang yang mencintai al-Qur’an dan Hadis





C.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengertian dan fungsi al-Qur’an dan Hadis
Al-Qur’an menurut bahasa berasal dari kata “qara’a” yang berarti membaca bacaan. Al-Qur’an berarti bacaan yang sempurna. Sedangkan al-Qur’an menurut istilah adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur melalui malaikat Jibril dan membacanya adalah ibadah. Adapun fungsinya antara lain adalah sebagai hujjah atau bukti yang kuat atas kerasulan Muahmmad SAW  keberadaannya hingga kini masih tetap terpelihara dengan baik dan pemasyaraktannya dilakukan secara berantai dari satu generasi ke generasi lain dengan tulisan maupun lisan.
Selain al-Qur’an Hadis atau sunnah juga merupakan pedoman utama bagi umat Islam. Hadis berasal dari kata “Hadatsa” yang berarti baru, peristiwa, muda,perkataan, cerita. Adapun menurut istilah Hadis adalah segala sikap, perkataan, perbuatan dan penetapan / persetujuan Rasulullah SAW. Mengikuti sunnah Nabi merupakan bukti kecintaan kepada Allah sebagaimana firman Allah dalam QS. Ali Imran: 31
قُلۡ إِن كُنتُمۡ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِي يُحۡبِبۡكُمُ ٱللَّهُ وَيَغۡفِرۡ لَكُمۡ ذُنُوبَكُمۡۚ وَٱللَّهُ غَفُورٞ رَّحِيمٞ ٣١
Artinya: Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. Ali Imran: 31)

Adapun fungsi al-Qur’an secara garis besar adalah :
a.       Sebagai sumber ajaran/hukum Islam yang utama
b.      Sebagai konfirmasi dan informasi terhadap hal-hal yang tidak dapat diketahui oleh akal
c.       Petunjuk hidup manusia ke jalan yang lurus tentang berbagai hal walupun petunjuk tersebut terkadang bersifat umum yang menghendaki penjabaran dan perincian.
d.      Sebagai pengontrol dan pengoreksi terhadap ajaran-ajaran masa lalu, yaitu injil, zabur dan taurat.
Sedang fungsi hadis terhadap al-Qur’an adalah :
a.       Mengukuhkan hukum yang sudah ada dalam al-Qur’an
b.      Memerinci ayat al-Qur’an yang global
c.       Menetapkan hukum yang belum terdapat dalam al-Qur’an
d.      Membatasi keumuman ayat al-Qur’an
2.      Cara mencitai al-Qur’an dan Hadis
3.      Ciri-ciri perilaku orang yang mencintai al-Qur’an dan Hadis
a.       Membaca al-Qur’an setiap hari
b.      Mendengarkan murottal al-Qur’an
c.       Menghafalkan al-Qur’an
d.      Mengamalkan al-Qur’an

D.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan
a.       Membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa sebelum belajar
  1. Mengecek kehadiran, kerapian berpakaian dan kesiapan Peserta didik serta memposisikan tempat duduk sesuai dengan kegiatan pembelajaran
  2. Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu
5 Menit
2
Kegiatan Inti
a.       Mengamati
Peserta didik mencermati dua kasus di dua keluarga
b.      Menanya
Melalui motivasi dari guru, Peserta didik secara bergantian mengajukan tanggapan dan pertanyaan tentang apa yang dilihat dan diamati dalam kasus  kepada teman maupun guru
c.       Eksperimen/ Explore
1)      Peserta didik mencari informasi dan jawaban di Bukalah wawasanmu dalam LKS/ buku pegangan  maupun referensi lain.
2)      Peserta didik mendiskusikan beberapa masalah mengenai “Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidupku” beserta contoh dengan melihat kasus yang telah disediakan dalam suatu kelompok yang terdiri dari 4 – 5 orang
d.      Asosiasi
1)      Peserta didik secara kelompok merumuskan hasil diskusinya tentang “Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidupku” sesuai dengan kasus yang telah disediakan
2)      Peserta didik secara individu menuliskan contoh pentingnya al-Qur’an dan Hadis dalam kehidupan sehari-hari
3)      Peserta didik merefleksikan hasil diskusi pada peta konsep terkait materi “Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidupku”
e.        Komunikasi
1)      Peserta didik mewakili kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian dengan game (yang kalah presentasi dulu), kemudian peserta didik yang lain memberikan tanggapan
2)      Perwakilan peserta didik menyimpulkan tentang “Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidupku”
60 Menit
3
Penutup
  1. Guru memberikan kuis kepada peserta didik dalam setiap kelompok sebagai evaluasi hasil pembelajaran secara lisan
  2. Peserta didik merefleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk memperbaiki pembelajaran selanjutnya
  3. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas individu bagi peserta didik
  4. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
  5. Mengakhiri pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan mengingatkan untuk selalu rajin belajar agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat
15 Menit


E.     PENILAIAN PEMBELAJARAN, REMIDIAL DAN PENGAYAAN
1.      Pengamatan Sikap
a.      Teknik Penilaian               : Penilaian individu
b.      Bentuk Instrumen : Lembar penilaian individu
c.       Format Penilaian individu
No
Nama Peserta didik
Aktifitas
Skor
Kerjasama
Keaktifan
Kepedulian & Kesantunan
Inisiatif
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1


















2


















3



















d.      Rubrik Penilaian   :
No
Indikator Penilaian
Skor
1.
Kerjasama
Belum memperlihatkan kerjasama dengan teman satu kelompok
1
Mulai memperliatkan kerjasama dengan teman satu kelompok
2
Mulai berkembang kerjasama dengan teman satu kelompok
3
Mulai membudayakan kerjasama dengan teman satu kelompok
4
2.
Keaktifan
Belum memperlihatkan keaktifannya dalam berdiskusi dan selama proses melaksanakan tugas
1
Mulai memperlihatkan keaktifannya dalam berdiskusi dan selama proses melaksanakan tugas
2
Mulai berkembang keaktifannya dalam berdiskusi dan selama proses melaksanakan tugas
3
Mulai membudayakan keaktifannya dalam berdiskusi dan selama proses melaksanakan tugas
4
3.
Kepedulian dan kesantunan
Tidak mau menghargai pendapat orang lain dan menyampaikan pendapatnya dengan bahasa yang kurang santun
1
Kurang dapat menghargai pendapat orang lain dan kurang santun
2
Menghargai orang lain namun kurang santun dalam menanggapi pendapat
3
Menghargai orang lain dan menanggapi pendapat dengan santun
4
4.
Inisiatif
Belum memperlihatkan Inisiatifnya
1
Mulai memperlihatkan Inisiatifnya
2
Mulai berkembang Inisiatifnya
3
Mulai membudayakan Inisiatifnya
4
Total
16

e.       Pedoman penskoran
Nilai = Jumlah Nilai Skor yang diperoleh    x  100
                Jumlah Skor Maksimal(16)

2.      Pengetahuan
a.      Teknik Penilaian               : Tes Tertulis
b.      Bentuk Instrumen : Melengkapi Peta konsep, Pertanyaan Pilihan ganda dan uraian
c.       Kisi-kisi   :




Pilihan ganda
No.
Indikator
Butir Instrumen
1
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan pengertian al-Qur’an
Apa pengertian al-Qur’an menurut istilah?
2
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan pengertian Hadis
Hadis menurut bahasa adalah..
3
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi al-Qur’an
Fungsi al-Qur’an sebagai adz-Dzikra yaitu..
4
Peserta didik dapat menjelaskan macam-macam fungsi al-Qur’an
Manakah yang termasuk fungsi al-Qur’an?
5
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi Hadis
Hadis mempunyai fungsi terhadap al-Qur’an sebagai..
6
Peserta didik dapat mengaplikasikan fungsi al-Qur’an
Pendidikan moral yang Qur’ani dapat diwujudkan dengan cara..
7
Peserta didik dapat memahami hukum keumuman dalam al-Qur’an
Manakah di bawah ini yang termasuk contoh hukum yang bersifat global dalam al-Qur’an?
8
Peserta didik dapat memahami pentingnya al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan sehari
Bagaimana sikap ibu chintia agar tetap memfungsikan al-Qur’an dan hadis meski ia seorang wanita karir?
9
Peserta didik dapat mengetahui beberapa pengamalan al-Qur’an dalam kehidupan pribadi
Manakah di bawah ini yang termasuk pengamalan al-Qur’an dalam kehidupan pribadi?
10
Peserta didik diharapkan mampu mengetahui perilaku seseorang yang memfungsikan al-Qur’an dalam kehidupan bermasyarakat
Manakah di bawah ini yang termasuk contoh perilaku seseorang yang memfungsikan al-Qur’an dalam kehidupan bermasyarakat?

Uraian
1.      Jelaskan pengertian al-Qur’an menurut bahasa dan istilah! (skor 4)
2.      Jelaskan pengertian Hadis menurut bahasa dan istilah! (skor 4)
3.      Sebutkan fungsi al-Qur’an bagi kehidupan manusia! (skor 3)
4.      Diantara fungsi keberadaan Hadis bagi al-Qur’an adalah menjelaskan ayat al-Qur’an yang bersifat mujmal. Jelaskan maksudnya beserta contoh! (skor 5)
5.      Sebutkan tiga perbedaan antara Hadis dan al-Qur’an! (skor 4)

Kunci jawaban
1.      Pilihan ganda
No
Jawaban
No
Jawaban
1
C
6
C
2
B
7
D
3
B
8
C
4
A
9
C
5
B
10
A

2.      Uraian
No
Jawaban
Skor
1
Pengertian al-Qur’an menurut bahasa adalah bacaan
1
Menurut istilah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat jibril dengan lafal dan maknanya secara berangsur-angsur sebagai pedoman hidup umat manusia
3
2
Pengertian Hadis menurut bahasa adalah cerita, baru, muda, riwayat, ucapan
1
Menurut istilah segala sesuatu yang bersumberr dari Nabi Muhammad SAW baik ucapan, perbuatan, sikap diam dan ketetapan beliau
3
3
Fungsi al-Qur’an bagi kehidupan umat manusia :
a.       Al-Huda artinya petunjuk ke jalan yang lurus bagi kehidupan manusia
b.      Al-Furqan artinya pembeda antara yang haq dan yang batil
c.       Al-Syifa artinya penyembuh atau obat
3
4
Fungsi Hadis terhadap Qur’an yaitu menjelaskan ayat al-Qur’an yang bersifat mujmal (global) maksudnya ada beberapa ayat al-Qur’an yang masih perlu penjelasan terperinci dan keberadaan hadis untuk menjelaskan terperinci. Contoh: perintah sholat dalam al-Qur’an belum dijelaskan tata caranya dan hadis menjelaskannya secara terperinci.
5
5
Perbedaan al-Qur’an dan Hadis adalah :
a.       Al-Qur’an kebenarannya mutlak, sedangkan hadis ada beberapa yang kuat statusnya dan ada yang lemah sehingga tidak dapat digunakan untuk berhukum.
b.      Al-Qur’an otentik lafalnya sehingga tidak ada perbedaan lafal sedikitpun. Adapun hadis tidak, sehingga ada perbedaan matan.
c.       Seluruh isi al-Qur’an dapat kita jadiakan pedoman hidup, adapun hadis tidak karena tidak semua hadis shahih, adapula yang dho’if sehingga kebenarannya diragukan.
4

d.      Pedoman Pen-skoran
Nilai = Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh  X 100
                Jumlah Skor Maksimal(40)

3.      Keterampilan
a.      Kisi-kisi   : Menghafalkan juz amma

F.      METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan                            : Saintifik
2.   Model Pembelajaran               : Small group discussion dan Information Search
3.      Metode Pembelajaran            : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi.

G.    MEDIA / ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media / Alat Pembelajaran
a.       Whiteboard
b.      Board Marker
c.       Kartu/ Kertas
d.      Lem
2.      Bahan dan Sumber belajar
a.       Al-Qur’an dan terjemahnya.
b.      Buku teks Al-qur’an Hadis MTS kelas VII. Penyususn ; Kementerian Agama RI, Jakarta: 2014, Al-qur’an Hadis, kelas VII Semester I.
c.       Buku Pengantar Studi Islam. Karangan: Prof.Dr. H. Khoiruddin Nasution, Yogyakarta : Accademia + Tafazza , 2009.
d.      Buku Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits. Karangan: Prof.Dr.Teungku Muhammad Hasbi ash-shiddieqy , Semarang: Pustaka Rizki Putra ,2009.
e.       Website terkait materi tentang Al-qur’an Hadis.




Mengetahui,                                                              Semarang, 3 Agustus 2016
Guru Pamong                                                            Guru Praktikan


Syamsudin AH, S.Pd.I                                              Siti Chaizatul Munasiroh
                                                          


Kepala
MTs Darul Ulum



Mustofa, S.Pd. I
                       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian,Objek,Ruang lingkup serta Sejarah dan Pertambahan Ulumul Qur'an

PENGERTIAN, OBJEK, RUANG LINGKUP, SERTA SEJARAH DAN PERTAMBAHAN ULUMUL QUR’AN MAKALAH Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah : Ulumul Qur’an Dosen Pengampu: M ufidah , M.Pd.i DI SUSUN OLEH : 1.     MUSTOFA                              ( 133111043 ) 2.     YUSUF   HAMDANI                ( 133111044 ) 3.     SITI CHAIZATUL   M.            ( 133111045 ) 4.     USWATUN   KHASANAH      ( 133111046 ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN WALISONGO SEMARANG 2013 I.        PENDAHULUAN Al-Quran adalah kitab suci umat Islam. Diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril. Kita...

FILSAFAT SUHRAWARDI

PEMIKIRAN FILSAFAT SUHRAWARDI (1153-1191 M) MAKALAH Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah: Filsafat Islam Dosen Pengampu: Dr. Mahfud Junaedi, M. Ag.   DI SUSUN OLEH : 1.       SITI CHAIZATUL MUNASIROH             ( 133111045) 2.       AGUNG SUPRAYITNO                           (133111051 ) 3.       DEWI HUSNAWATI                                 (133111079 ) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN WALISONGO SEMARANG 2014 I.          PENDAHULUAN Ketika filsafat muncul dalam kehid...

Mengatasi kelemahan tes obyektif dan subyektif

UPAYA YANG DAPAT DILAKUKAN UNTUK MENGATASI KELEMAHAN-KELEMAHAN TES OBYEKTIF DAN SUBYEKTIF TUGAS Mata kuliah : EVALUASI PEMBELAJARAN Dosen Pengampu : Drs. H. Karnadi M.Pd. DI SUSUN OLEH : Khairul Anam                               (133111038) Siti Chaizatul Munasiroh             ( 133111045) Laila Romdhoningsih                  (133111073) Faizatul Dina                                (133111135) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG 2015 A.      Kelema...